Senin, 17 Desember 2018

Gak Cuma Ngayal, 6 FIlm Fiksi Ilmiah Ini Juga Punya Dasar Teori Nyata

  • Rosiana
  • 07/03/2018 10:54 WIB
Gak Cuma Ngayal, 6 FIlm Fiksi Ilmiah Ini Juga Punya Dasar Teori Nyata
EPIZONE.ID - Genre fiksi ilmiah memang jadi salah satu genre yang sangat digemari. Dengan latar kecanggihan teknologi masa depan dan keberadaan alien yang menginvasi bumi, film dan cerita dengan genre ini sering menjadi media untuk menampilkan kecangghan teknologi perfilman. Dengan sederet efek CGI yang digunakan, film dengan genre fiksi ilmiah sering memukau penonton.

Namun tak jarang juga yang mengkritik penggunaan teori yang salah kaprah dan menyebabkan kesalahan dan berbagai miskonsepsi dalam sains. Terlepas dari kesalahan-kesalahan tersebut, dibawah ini terdapat enam film fiksi ilmiah yang dibuat dengan memperhatikan aspek ilmu pengetahuan dan memiliki dasar teori yang mendekati kenyataan.

1. Interstellar

Film fiksi ilmiah yang memiliki dasar teori nyata, Interstellar
Interstellar via Ianmack


Bagi kamu penggemar film fiksi ilmiah pasti tau dong sama film ini. Yap film garapan Christoper Nolan ini mendapat ganjaran berbagai macam pujian dan penghargaan. Film ini menceritakan keadaan bumi yang dihantam dengan badai pasir dan hama yang mampu melumpuhkan sektor pertanian di hampir semua negara. Pada waktu itu ilmuwan memprediksi bahwa manusia akan segera punah akibat kelaparan, jika tak segera menemukan tempat lain untuk bermigrasi.

Nah hal inilah yang mendasari Cooper - seorang petani dan mantan pilot NASA - untuk menyetujui ide menerbangkan pesawat luar angkasa dan menemukan planet lain yang bisa ditempati oleh manusia. Sebelumnya para ilmuwan telah terlebih dahulu mengirim astronot dalam misi untuk meneliti keberadaan planet lain.

Sebagian besar film ini menceritakan tentang keberadaan dan perjalanan Cooper dalam melintasi luar angkasa dan berbagai tantangan yang mereka hadapi. Tak hanya efek CGI kece yang disajikan, namun Nolan mampu menampilkan alur cerita kuat yang didukung dengan berbagai teori sains seperti lubang cacing, teori gratvitasi dan relativitas waktu. Meski ide tentang dimensi kelima masih belum bisa diterima, namun film ini layak untuk menjadi salah satu cara belajar asyik tentang fisika dan astronomi.

Baca Juga : 6 Film Sejarah Terbaik yang Menginspirasi, Yuk Segera Tonton


Dengan ketepatan cerita yang hampir sesuai dengan kenyataan itulah banyak ahli fisika yang memuji dan menganggap bahwa Interstellar adalah film fiksi terbaik sepanjang masa. Tak heran jika film ini pun mampu masuk di urutan 22 dalam daftar film terbaik sepanjang masa Box Office.

2. The Martian

Film fiksi ilmiah yang memiliki dasar teori nyata The Martian
The Martian via  Accros the margin


Selain Interstellar, film fiksi ilmiah lain yang menyedot banyak perhatian adalah The Martian. Dibintangi oleh Matt Damon sebagai Mark Watney, film ini menyajikan cerita yang lain dari genre ini. Jika biasanya film luar angkasa akan bertema tentang perang bintang dan kerusakan bumi, The Martian malah mencoba suasana baru dengan menceritakan tentang seorang astronot yang bertahan hidup di Mars dengan peralatan seadanya.

Latar belakang Mark Watney sebagai ahli botani membuatnya mampu bertahan hidup setelah dikira terbunuh dalam sebuah misi oleh rekan-rekannya. Ia mencoba untuk menumbuhkan kentang di lahan kering Mars dan menghubungi bumi untuk memberitahukan bahwa dirinya masih hidup. Untunglah pihak NASA segera mengetahui keberadaan Mark dan mencoba untuk membawanya pulang kembali dalam misi Mars selanjutnya. 

Kesuksesan film The Martian ini ditandai dengan bertenggernya film ini di posisi kelima selama delapan mingu berturut-turut. Tak hanya itu, jalan cerita yang tak dibuat secara asal mampu menempatkannya ke dalam jajaran 250 film fiksi terbaik sepanjang masa versi IMDB. 

3. Gravity

Film fiksi ilmiah yang memiliki dasar teori nyata, gravity
Gravity via Solid Angle


Film yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney ini juga mampu bersanding dengan beberapa film fiksi ilmiah lainnya sepeti Interstellar dan The Martian. Diceritakan, Ryan Stone yang diperankan oleh Sandra Bullock sedang menjalankan misi antariksa pertamanya dengan didampingi oleh Matt Kowalski - yang diperankan oleh George Clooney - yang juga memimpin ekspedisi terakhirnya ke luar angkasa. Namun ketika tim tersebut sedang memperbaiki pesawat yang ditumpangi, serpihan satelit Rusia beterbangan dan menabrak satelit-satelit lain sehingga menimbulkan efek berantai yang mengerikan.

Ketika mereka berdua mencoba untuk menyelamatkan diri, bahaya dari serpihan tersebut malah membuat kerusakan yang lebih besar. Mereka berdua pun terjebak dan mencoba menyelamatkan diri ke staisun luar angkasa terdekat. Secara umum film ini menggambarkan perjuangan mereka berdua untuk selamat di luar angkasa.

Baca Juga : Kalo Kamu Perhatian, Kamu Pasti Tahu Kesalahan Konyol di 5 Film Fenomenal Ini


Selain pujian banyak juga yang mengkritik tentang beberapa ketidakakuratan scene termasuk ketika para ahli berpendapat bahwa satelit luar angkasa sangat kecil kemungkinannya untuk menabrak objek lain. Beberapa bahkan mengemukakan bahwa manusia tidak mungkin berjalan di luar angkasa hanya dengan pakaian astronot semata. Namun meski begitu film ini tetap bisa dinikmati dan menjadi salah satu film dengan genre science fiction terbaik yang patut untuk ditonton.

4. A Beautiful Mind

Film fiksi ilmiah yang memiliki dasar teori nyata, a beautiful mind
A beautiful mind via The soul of the plot


Selain film yang bertema luar angkasa, film biografi ini juga layak untuk jadi salah satu film favorit. Dibintangi oleh Russel Crowe, fim ini menceritakan tentang kehidupan seorang profesor matematika bernama John Forbes Nash. Ia adalah matematikawan asal Amerika yang telah berjasa dalam menemukan berbagai teori matematika. Teori-teorinya bahkan mempengaruhi berbagai bidang ilmu seperti ekonomi, komputer, biologi, politik, dan militer. Berkat sumbangan ilmunya, ia bahkan mendapatkan hadiah Nobel dalam bidang Economic Science.

Namun dibalik kejeniusanya, ia ternyata menderita skizofrenia yang menjadi jalan cerita utama film ini. A Beautiful Mind juga memperoleh rating yang sangat baik dengan skor 8,2 dari 10 berdasarkan IMDB. Film ini bahkan menyabet empat piala Oscar sekaligus, diantaranya aktris pendukung terbaik, sutradara film terbaik, gambar  terbaik, dan juga penulis cerita terbaik.

5. The Imitation Game

Film fiksi ilmiah yang memiliki dasar teori nyata, The imitation Game
The Imitation Game via The Verge


Pernahkah kamu bertanya-tanya siapa sebenarnya pencipta komputer pertama? Jika belum tahu, sepertinya kamu wajib menonton film ini. The Imitation Game berkisah tentang peran Alan Turing dalam merancang komputer pertama di dunia. Alan Turing yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch adalah seorang matematikawan yang bergabung dalam proyek rahasia Kerajaan Inggris.

Ia diberi tugas untuk memecahkan kode dari mesin Enigma. Enigma adalah mesin dengan rangkaian kode komunikasi yang digunakan oleh NAZI pada jaman Perang Dunia 2 yang sangat susah untuk dienkripsi. Kode ini selalu berubah setiap harinya dan memiliki kemungkinan 159 triliun kode setiap harinya. Untuk memecahkan kode tersebut, Alan pun kemudian menciptakan sebuah alat - yang merupakan cikal bakal komputer masa kini - dan kriptografer.

Baca Juga : 7 Film Musikal Ini Nggak Kalah Keren dari La La Land, Kamu Wajib Nonton

Keberhasilan film yang mengedepankan cerita dan ilmu sains terutama ketepatan sejarah ini membuat The Imitation Game meraih 39 penghargan dari berbagai festival. Bahkan film ini menyabet delapan nominasi sekaligus alam ajang penghargaan bergengsi Academy Award.

6. The Purge

Film fiksi ilmiah yang memiliki dasar teori nyata, the Purge
The Purge via Bloody Disgusting


Meski sedikit melenceng dari beberapa film sebelumnya, namun film The Purge juga bisa loh jadi tontonan menarik. Film ini mengisahkan tentang kelahiran negara baru Amerika dengan peraturan baru yang cukup nyeleneh. Jika di berbagai tempat membunuh merupakan suatu kejahatan, maka di Amerika baru ini, membunuh diperbolehkan. Eitss tapi cuma dalam semalam aja. 

Dalam cerita di negara Amerika baru ini, Amerika merupakan sebuah negara yang paling makmur dengan tingkat kemiskinan paling rendah sepanjang sejarah. Kondisi ini tak lepas dari peran Purge atau malam pembersihan dimana satu malam penuh penduduk diperbolehkan untuk melakukan apa saja termasuk perbuatan kriminal seperti merampok dan membunuh. Polisi, ambulan, tenaga medis, bahkan dan tentara tidak akan bisa berbuat apapun dalam satu malam 'Purge' tersebut. 

Singkatnya, plot cerita film ini sebenarnya ingin menggambarkan keadaan dimana dalam semalam, semua penduduk diberikan kebebasan untuk melakukan apa saja. Purge dalam film ini dimaksudkan sebagai salah satu penebusan dosa dan menyalurkan semua emosi negatif mereka, sehingga dalam sisa hari selanjutnya warga Amerika baru ini bisa bersikap lebih baik setelah menyalurkan emosi mereka.

Dalam situasi ini, banyak orang yang mengambil keuntungan dari hari pembersihan ini, salah satu yang tersukses adalah James Sadin yang diperankan oleh Ethan Hawke. James merupakan seorang pengusaha pendukung pemerintah dan programnya dalam malam pembersihan. Ia menjual alat pengamanan rumah dalam rangka melindungi pemilik rumah dari aksi pembersihan. James yang menjadi kaya raya pun tak menyangka jika di salah satu malam pembersihan, ialah yang menjadi korban dari malam yang ia agung-agungkan. 

Cerita ini sebenarnya adalah sebuah kritik sosial dimana di sebuah negara atau wilayah hanya orang kaya yang diuntungkan oleh suatu keadaan, dan orang-orang miskin menjadi semakin miskin. Di akhir film, sutradara James De Monaco menyampaikan bahwa tidak setiap orang bisa selamat dari segala hal.

Baca Juga
6 Kisah yang Menginspirasi Pembuatan Film Horor Hollywood
Ngaku Fans Star Wars? Kamu Mungkin Harus Tahu Fakta Mengejutkan Dibalik Film Ini
Film 'It', Bangkitkan Kembali Tren Badut Horor

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close