Sabtu, 21 Juli 2018

Ini Dia 7 Mesin Pencari Populer Sebelum Kemunculan Google

  • Rosiana
  • 19/03/2018 11:43 WIB
Ini Dia 7 Mesin Pencari Populer Sebelum Kemunculan Google
EPIZONE.ID - Tahukah kamu sebelum popularitas Google mencapai kejayaan seperti saat ini, ada beberapa mesin pencari yang lebih dulu eksis? Sebelum ada si mbah Google, masyarakat internet jaman dulu ternyata malah punya beberapa pilihan mesin pencari. Google yang muncul pada tahun 1996 kemudian menjadi fenomena global yang akhirnya mengalahkan beberapa mesin pencari atau search engine yang duluan beredar.

Kini siapa tak tahu Google, bahkan saking fenomenalnya mesin pencari garapan Larry Page dan Sergey Brin ini, banyak bahasa telah menjadikan kata "Google" menjadi kata kerja untuk mengidentifikasikan aktivitas surfing di dunia maya. Kata-kata seperti 'Googling ajah', atau 'cari aja di mbah Google' pasti sudah akrab di telinga.

Tentu saja kepopuleran Google ini juga berimbas pada redupnya beberapa search engine yang sudah nangkring duluan di jagad industri internet. Sebelum popularitas Google meningkat, generasi 90-an pasti udah akrab dengan beberapa search engine ini.

1. Excite

Mesin pencari sebelum Google, Excite
Excite via Life Wire


Situs pencarian ini diluncurkan pada tahun 1995. Excite sempat menjadi mesin pencari populer bagi generasi 90-an. Excite awalnya diperkenalkan dengan nama Architect hingga pengelola kemudian mengubahnya dengan nama ini. Uniknya meski kalah saing dari Google dan Yahoo, namun situs ini masih tetap bisa dibuka hingga sekarang.

2. Alta Vista

Mesin pencari sebelum Google, Alta Vista
Alta Vista via Unsika


Alta Vista juga sempat mengecap kepopuleran di ranah pencarian dunia maya. Alta Vista yang didirikan pada tahun 1995 oleh Paul Flaherty, Michael Burrows, dan Louis moiner ini pun sempat menjadi search engine populer sebelum diakuisisi oleh Yahoo. Namun sayang sejak dominasi Google mulai menunjukkan tajinya, situs ini pun harus berhenti pada tahun 2013.

Baca Juga : Makin Canggih, Google Assistant Kini Bisa Kenali Musik

3. Lycos

Mesin pencari sebelum Google, Lycos
Lycos via
WebPageFX


Lycos hadir setahun lebih awal dari Excite dan Alta Vista dan merupakan pemain lama dalam industri internet. Situs yang walnya merupakan proyek kecil michael Loren Mauldin saat masih berada di Carnegie Melon University ini mengalahkan hampir semua mesn pencari lain pada tahun 1994. Di tahun 1999, Lycos meraih kepopuleran dengan menjadi mesin pencari yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Namun sayang mesin pencarian ini juga harus kalah dengan kehadiran Google. Lycos pun kemudian dijual ke Telefonica pada tahun 2000. Empat tahun kemudian, Lycos berpindah tangan ke Daum Communications Corporation dari Korea Selatan yang emngubah Lycos menjadi situs komunitas berbasis hub dan memperkuat fitur mail-nya, hingga menambahkan fitur Lycos Phone. Namun sayang semua ini ternyata masih gagal hingga Lycos pun diakusisi oleh Ybrant Digital, sebuah perusahaan telekomunikasi asal India.

Lycos kemudian merambah menjadi situs komunitas dengan tidak lupa memberikan fitur pencarian seperti awal kemunculannya. Ajaibnya, meski kini dominasi mesin pencarian masih dipegang oleh Google, Lycos masih bisa diakses dengan beberapa fitur tambahan.

4. Yahoo

Mesin pencari sebelum Google, Yahoo
Yahoo via Malware Tips


Siapa yang tak kenal Yahoo? Situs pencarian dan penyedia jasa surat elektronik ini awalnya merupakan direktori web hingga pada tahun 2002 berubah menjadi mesin pencari tersendirI yang mampu melacak website lain secara otomatis. Sebelum kemunculan raksasa Google, Yahoo adalah mesin pencari kedua tersesar di dunia setelah AOL.

Tak cuma mesin pencari, Yahoo juga mengembangkan layanan lain seperti situs berbagi foto Flickr, Yahoo!Games, hingga Yahoo Messenger yang menjadi primadona pada tahun 90-an dan 2000-an awal. 

5. Dogpile

Mesin pencari sebelum Google, Dogpile
Dogpile via Accidental Technologist


Mesin pencari yang hadir pad atahun 1996 ini terbilang cukup unik. Situs ini sempat populer pada jamannya sebelum tergerus dengan dominasi Google. Meski begitu, pengelola tetap berusaha untuk memodern-kan Dogpile dengan menambahkan berbagai hasil pencarian dari situs search engine lain seperti Google, Yahoo, Yandex, dan Bing.  

Baca Juga : Biar Hemat Waktu, Googling Cepat dan Tepat Dengan Trik Ini

6. Ask

Mesin pencari sebelum Google, Ask
Ask via Search Engine Land


Tahun 90-an merupakan masa awal kejayaan mesin pencari sebelum Google. Banyaknya mesin penccarian yang bermunculan membuat para pengguna internet memiliki berbagai pilihan yang bisa digunakan. Asyiknya, setiap mesin pencari menawarkan berbagai macam fitur dan kelebihan yang berbeda antara satu dan yang lainnya, tak terkecuali dengan Ask.

Ask awalnya berupa situs tanya jawab dengan nama AskJeeves yang didirikan pada tahun 1996. Ask kemudian sempat berubah menjadi mesin pencari mengikuti tren pada saat itu. dan berubah dengan nama Ask.com. Setelah dominasi msearch engine didominasi oleh Google, Ask kemudian mengubah situsnya kembali ke asal menjadi situs tanya jawab. 

7. AOL

Mesin pencari sebelum Google, AOL
AOL via Girls Write Now

AOL atau American Online merupakan mesin pencari paling populer di jamannya. Bersama Yahoo, AOL merajai hampir semua layanan internet meliputi, mesin pencari, layanan email, layanan messenger (AOL Messenger), dan situs berita terkini. Kini AOL tergabung dengan Yahoo dengan nama Oath. Pengguna masih bisa mengakses situs original kedua raksasa internet tersebut lewat Oath dengan tampilan aslinya.

Baca Juga
8 Website Paling Berguna di Dunia Ini, Nyesel Deh Baru Tahu Sekarang
Inilah 7 Websites Terbaik yang Wajib Dibuka Para Pemburu Beasiswa, Ada Ribuan Beasiswa Ditawarkan
Halo Para Pencari Kerja, Berikut Situs Pencarian Kerja yang Bisa Membantumu Meraih Karir Impian

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close