Sabtu, 21 Juli 2018

7 Film Dengan Durasi Terpanjang, Ada yang Sampe 720 Jam. Tertarik Nonton?

  • Rosiana
  • 27/03/2018 13:24 WIB
7 Film Dengan Durasi Terpanjang, Ada yang Sampe 720 Jam. Tertarik Nonton?
EPIZONE.ID - Berapa jam waktu paling lama yang kamu habiskan buat nonton film? Dua jam? Empat jam? Kalo baru segitu mah beum ada apa-apanya. Di dunia ini banyak fim yang dibuat dengan berbagai tujuan mulai dari pendidikan, hiburan, sampe film propaganda. Namun belum ada film yang dibuat sampe ngalahin empat film terpanjang ini. Entah apa tujuan si pembuat film, namun pastinya film-film ini emang beneran ada dan dibuat dengan durasi yang luar biasa lama.

1. The Longest Long Meaningless Movie in The World (2015)

Film dengan durasi terpanjang di dunia, The Longest Long Meaningless Movie in The World
The Longest Long Meaningless Movie
 
in The World via Mubi

Jika kamu penggemar berat serial drama TV dan senang menghabiskan wktu berjam-jam buat ngabisin durasi, kamu pasti bisa dong duduk anteng nonton film ini. Nggak sepanjang Ambience sih, namun dengan durasi 48 jam atau sekitar dua hari, film ini pasti bakal buat kamu harus nyetok popcorn sekarung di rumah. Film tak bermakna ini disutradari oleh Antony Scott pada tahun 1968. 

Sama seperti judulnya The Longest Long Meaningless Movie in The World merupakan film tak bermakna yang hanya berisi kumpulan iklan, cuplikan berita, berita, dan berita tentang saham. Gimana? tertarik nonton? 

2. Matrjoschka (2006)

Film dengan durasi terpanjang di dunia, Matrjoschka
Matrjoschka via IMDB


Matrjoschka merupakan sebuah film karya sutradara Jerman, Karin Hoerler. Film yang dirilis tahun 2006 ini berdurasi 96 jam atau butuh waktu sekitar tiga hari dan 23 jam non stop buat tahu ending film ini. Konyolnya, Matrjoschka hanya menampilkan gambar anak laki-laki bersepeda dengan latar belakang rumah, taman, garasi, langit, daln lain-lain. Gambar yang disajikan dalam film ini pun berganti dengan sangat perlahan sehingga penonton tak akan menyadari perbedaannya.

Jangan kaget dengan gambar yang disajikan, karena Matrjoschka merupakan film eksperimental. Film eksperimental sendiri merupakan jenis film yang memang nggak punya plot alias nggak ada cerita seperti pada film-film lainnya. Namun meski berjalan tanpa plot, jenis film eksperimental masih punya struktur film yang jelas loh. 

Baca Juga : Gak Cuma Ngayal, 6 FIlm Fiksi Ilmiah Ini Juga Punya Dasar Teori Nyata

Film jenis ini biasanya masih memiliki struktur yang sangat subjektif, seperti gagasan, ide, atau pandangan pembuatnya. Film jenis ini juga susah dipahami karena pembuatnya biasanya menyelipkan berbagai macam kode dan simbol tersembunyi dalam setiap adegannya.

3. Untitled (2011)

Film dengan durasi terpanjang di dunia, Untitled
Untitled via Nite Hawk Cinema


Film ini merupakan film karya Josh Azalela yang memiliki durasi 5 hari, dan sebenarnya merupakan potongan adegan yang diambil dari film terkenal The Wizard of Oz. Untitled atau yang lebih dikenal dengan Untitled~125 (Hickory’) merupakan film yang membutuhkan waktu pembuatan hingga 2 tahun lamanya. 

Film Untited sendiri memfokuskan diri hanya pada bebrapa scene yang dihapus dari film The Wizard of Oz khususnya adegan ketika badai tornado datang.

4. Beijing 2003 (2004)

Film dengan durasi terpanjang di dunia, Beijing 2003
Beijing 2003 via Magasin3


Baru nyoba nonton film 96 jam aja nggak kuat? Gimana dengan film ini Beijing 2003 merupkan film dengan durasi dua kali lipat dari Matrjoschka, yakni 6 hari dan 6 jam. Jika kamu bukan orang yan tertarik dengan dunia sinematografi seperti sutradara-sutradara film eksperimental, mungkin nggak pernah tau alasan sebenarnya mereka membuat film nyeleneh kayak gini. 

Film Beijing 2003 merupakan film yang menggambarkan pemandangan tempat tinggal sang artis, Ai Wei Wei. Film ini menyajikan cuplikan pemandangan dan kehidupan setiap penduduk kota di setiap jalan lingkar Beijing. 

5. Cinematon (2011)

Film dengan durasi terpanjang di dunia, Cinematon
Cinematon via The Culturist


Gerard Courant, sang sutradara film ini sendiri membutuhkan waktu selama 30 tahun untuk menyelesaikan film yang berdurasi 196 jam atau sekitar 7 hari ini. Cinematon sebenarnya ingin menunjukkan kepada kita betapa berlebihannya keberadaan percakapan dalam kehidupan manusia dengan menggambarkan para aktor yang berakting diam selama film. Courant sendiri membebaskan para aktor dan aktris berakting apa saja untuk menghabiaskan durasi film. Cinematon menampilkan 2925 sketsa diam para aktor yang menggambarkan sketsa diam selama satu hingga tiga menit. 

6. Modern Times Forever (2011)

Film dengan durasi terpanjang di dunia, Cinematon
Modern Times Forever via SCAD


Butuh waktu selama 10 hari non stop buat nyelesain satu film berjudul Modern Times Forever ini. Film yang disutradari oleh Bjornstjerne Reuter Christiansen, Jakob Fenger, Rasmus Nielsen, dan Superflex ini diputar di depan gedung Stora Enso di Helsinki, Finlandia. Sama seperti mayoritas film eksperimental lainnya, film ini menunjukkan selang waktu bangunan selama ribuan tahun. 

Baca Juga : 6 Kisah yang Menginspirasi Pembuatan Film Horor Hollywood


Film ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah proyek bernama "IHME Project 2011". Dalam sepuluh hari, film ini menayangkan apa yang terjadi pada sebuah gedung selama seribu tahun ke depan. Jadi nggak cuma film eksperimental biasa, Modern Times Forever juga menyajikan gambaran tepat bagaimana sebuah bangunan yang dibuat manusia akan bertahan beserta gambaran-gambarannya.

7. AMBIANCE

Film dengan durasi terpanjang di dunia, Ambience
Ambiance via Stage 3


Film super duper panjang ini dibuat dengan durasi mencapai 720 jam atau butuh waktu sekitar 30 hari buat nyelesain satu film. Jangankan filmnya, cuplikan atau teaser film ini aja punya durasi 7 jam 20 menit, cukup buat nyelesain 2 film atau 4 episode serial drama. Sang sutradara, Anders Weberg, berkata jika ia ingin mengalahkan rekor dunia dengan membuat film super panjang. 

Nampaknya usaha sang sutradara ini berhasil, karena hingga kini belum ada satu film pun yang mampu mengalahkan panjangnya durasi Ambiance. Sutradara yang juga mengambil peran dalam film ini mengatakan bahwa Ambience berkisah tentang perjalanan diantara waktu dan ruang angkasa secara surealis.

Nah buat kamu yang penasaran sama filmnya, mungkin harus bersabar. Ini karena Ambiance yang diproduksi oleh Hovs Hallar baru akan tayang pada tahun 2020 mendatang di Swedia, negara asal sutradara Anders Weberg. Sayangnya, kabar tak mengenakkan juga menghampiri film ini. Weberg mengatakan bahwa segera setelah ditayangkan, film ini akan langsung dimusnahkan. Sayang ya, padahal mungkin butuh waktu dan tenaga yang besar buat nyiptain suatu karya seperti ini.

Buat kamu yang kepo tentang film ini bisa langsung ke website Ambiance di thelongestfilm.

Baca Juga
Inilah Benda-benda yang Mengilhami Keunikan Cerita Harry Potter
Ngaku Fans Star Wars? Kamu Mungkin Harus Tahu Fakta Mengejutkan Dibalik Film Ini
6 Film Sejarah Terbaik yang Menginspirasi, Yuk Segera Tonton



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close