Jumat, 20 April 2018

Hati-hati, Cuci Muka Ternyata Ada Aturannya

  • Rosiana
  • 29/03/2018 16:34 WIB
Hati-hati, Cuci Muka Ternyata Ada Aturannya
EPIZONE.ID - Berapa kali kita sebaiknya mencuci muka dalam sehari? Ternyata menurut sains, mencuci muka tidak harus berlebihan. Setiap kulit wajah memiliki kebutuhan dan tata cara perawatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu mencuci muka, sebagai salah satu cara untuk merawat wajah, ternyata juga punya aturannya sendiri loh.

Bnayak orang menganggap bahwa semakin sering mencuci muka, maka kulit wajah akan semakin bersih. Anggapan tersebut ternyata salah. Melansir dari laman Kompas health, mencuci muka harus disertai dengan pengetahuan tentang ondisi kulit mukamu loh.

1. Untuk kulit wajah yang sensitif

Buat kamu yang memilikikulit wajah yang sensitif, dianjurkan untuk mencuci muka sekali dalam sehari. Hal ini juga berlaku untuk ykamu yang memilikikulit wajah kering.Terlalu sering mencuci kulit wajah akan menghilangkan minyak alami wajah yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Mencuci muka sebaiknya pada pagi hari atau malam hari saja. Untuk perawatannya, cukup dengan menggunakan toner dan pelembab kulit agar tetapterjaga kelembabannya.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak emang punya tantangantersendiri. Selain karena rawan mengikat kotoran, kulit berminyak uga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya. Nah buat kamu yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, ada baiknya mencuci wajah dua kali dalam sehari, pagi dan malam hari. 

Mencuci wajah dipagi hari mampu membersihkan muka dari kotoran yang hinggap selama kita tidur, begitu juga sebaliknya. Selain itu, kamu yang punya kulit berminyak juga disarankan untuk melakukan scrubbing atau excoliating minimal 2 minggu sekali. Selain untuk perawatan, hal ini juga bisa membuat kulit wajah lebih bersih secara maksimal. 

Baca Juga : Ajaib Banget! Orang Ini Wajahnya Mirip Banget Sama Seleb, Kayak Kembar

3. Sehabis olahraga

Nah ni juga penting. Sehbis olahraga, keringat dan berbagai kotoran pasti menumpuk di bagian tubuh khususnya pada bagian wajah. Maka dari itu, dianjurkan pula untuk mencuci wajah sehabis berolahraga untuk menghalau keringat agar tidak masuk ke dalam pori-pori. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan handuk bersih setiap selesai cuci muka. Mengeringkan muka dengan handuk kotor bisa membuat kulit jadi gampang irirtasi.

4. Untuk wajah yang selalu dihiasi make-up

Hei ladies, buat kamu yang sering berdandan, wajib hukumnya untuk rajin mencuci muka agar bahan make-up yang digunakan tidak menghambat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Sebagai awalan, kamu bisa menghapus make-up dengan penghapus make-up atau pembersih khusus kosmetik. Setelah otu, kamu perlu membersihkan wajah dengan dua kali tahapan hingga sisa make-up terhapus semua.

Jika kamu masih menemukan sisa make-up di handuk atau tissue maka proses permbersihanmu masih belum sempurna. Coba lagi dan lakukan dengan benar, hingga semua kosmetik yang menempel bisa terhapus.

Baca Juga
Nggak Nyangka, 9 Orang Ini Menemukan Harta Karun di Tempat Tak Terduga
Ilmuwan Temukan Planet Baru yang Diduga Jadi Tempat Terbaik Buat Menemukan Alien
Cuma Orang Jenius yang Bisa Menemukan Perbedaan 7 Gambar Ini, Cobain Aja

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close