Sabtu, 21 Juli 2018

Nggak Nyangka, Lukisan Cantik Ini Dibuat Dari Limbah Kopi

  • Rosiana
  • 06/04/2018 15:29 WIB
Nggak Nyangka, Lukisan Cantik Ini Dibuat Dari Limbah Kopi
EPIZONE.ID - Bagi sebagian orang, ampas kopi mungkin merupakan barang yang sudah tidak berguna dan harus dibuang. Namun di tangan seorang seniman asal Malang ini, limbah kopi yang awalnya hanya berupa sampah diubah menjadi karya seni yang menakjubkan.

Adalah Sawir Wirasto atau yang akrab disapa Sawir, seniman yang mewujudkan ide ini. Melansir dari laman Antaranews, ia berupaya untuk mengangkat potensi lukisan berbahan limbah kopi dengan mempromosikannya ke publik. Menurutnya masyarakat bisa semakin mengenal manfaat dan pengetahuan seputar kopi melalui tulisannya.

Kini hasil karyanya sejak tahun 1999 ini banyak diminati pecinta lukisan baik dari dalam maupun luar negeri. Karya uniknya ini dimulai dari kegemarannya menggambar pada sebatang rokok menggunakan ampas kopi, atau yang kerap disebut Cethe. Sawir yang memiliki latar belakang seni rupapun kemudian berinisiatif untuk membuat lukisan berbahan ampas kopi. 

Baca Juga : Pelukis Mesir Ini Membuat Lukisan dari Tembakau yang Dibakar

Ia pun mulai menerapkan karyanya di atas kanvas. Namun melukis dengan bahan dasar ini ternyata juga punya kekurangan. Ampas kopi yang digunakan ternyata mudah berjamur. Untuk iu, Sawir mencoba berbagai formula agar lukisannya tidak mudah ditumbuhi jamur. Ia pun mulau menambahkan lem kayu dan memberikan perlakuan khusus pada kanvasnya. Hasilnya, penggunaan lem kayu membuat ampas kopi bertahan lama dan tidak mudah berjamur.

Keunikan lain yang dimiliki Sawir adalah ia selalu mengangkat isu-isu sosial dalam setiap karyanya. Ia mengaku bahwa melukis merupakan medianya dalam menuliskan catatan harian, dimana setiap selelsai melukis, ia selalu mengunggahnya ke akun media sosial Facebook dan Instagram miliknya. Dari unggahannya itulah, banyak orang yang kemudian mulai tertarik dengan hasil karyanya. 

Selain menggambarkan berbagai persoalan dan isu sosial, Sawir juga ingi menunjukkan bahwa melukis tau berkarya tidak selalu harus dengan menggunakan bahan-bahan yang mahal. Ampas kopi, teh, kayu secang ya gtadinya merupakan limbah tak berharga pun bisa jadi salah satu media untuk berkarya. 

Baca Juga
Gokil! Berbagai Karya Street Art Kece Yang Bakal Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala
Wow! Pelukis Asal Ceko Ini Membuat Lukisan Dari Logam
Duh, Karya Mengagumkan Patung Dari Pisau Ini Malah Dilarang

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close