Jumat, 20 April 2018

Bukan Cuma Karena Kurang Tidur, Pemicu Kantung Mata Ternyata Juga Disebabkan Hal-hal Ini

  • Rosiana
  • 09/04/2018 14:19 WIB
Bukan Cuma Karena Kurang Tidur, Pemicu Kantung Mata Ternyata Juga Disebabkan Hal-hal Ini
EPIZONE.ID - Apakah kamu sering sebal dengan kantung mata yang sering muncul? Kantung mata merupakan salah satu hal yang dianggap mengurangi kadar kecantikan seseorang. Orang dengan kantung mata biasanya diasosiasikan dengan kurangnya istirahat, dalam hal ini jam tidur. Namun tahukah kamu kalau ternyata penyebab munculnya kantung mata, bukan hanya karena kurang tidur semata?

Melansir dari laman Kompas Health, kantung mata bisa timbul oleh hal-hal berikut:

1. Terlalu sering menggosok mata

Bukan hanya karena kurang tidur, terlalu sering menggosok mata ternyata juga menjadi salah satu penyebab munculnya kantung mata. Terlalu sering menggosok mata karena gatal bisa memicu timbulnya inflamasi, pembengkakan, dan pecahnya pembuluh darah di area mata. Menurut Dr. David E. Bank, direktur di The Center for Dermatology, Cosmetic & Lase Surgery New York, hal ini akan mengakibatkan warna kulit berubah menjadi lebih gelap, dan mirip seperti memar. 

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu menyengat ternyata juga berbahaya dan menjadi salah satu penyebab timbulnya kantung mata. Area kulit di sekitar mata sangat tipis, sehingga jika tidak dilindungi oleh tabir surya, maka kulit di bagian ini akan cepat rusak. 

Nah kerusakan di kulit sekitar mata ini akan mningkatkan aliran darah, sehingga warna kulit akan berubah menjadi hitam. Salah satu cara untuk menutupi bekas ini adalah dengan menggunakan concealer. Namun meski begitu, sebenarnya ada prosedur lain yang bisa mengatasi kantung mata ini, yaitu dengan suntik filler.

Suntik filler merupakan suntikan yang mengandung asam hialuronat. Dengan suntikan ini, kekosongan pada bagian bawah mata akan teratasi. 

Baca Juga : Hati-hati, Cuci Muka Ternyata Ada Aturannya

3. Penuaan

Selain karena penyebab di atas, kantung mata juga bisa muncul karena penuaan. Kulit di area mata empat kali lebih tipis daripada pada bagian lainnya. Oleh karena itulah pembuluh darah pada daerah ini lebih mudah terlihat. Apalagi ditambah dengan penambahan usia, otomatis kulit wajah menjadi lebih tipis dan elastisitasnyapun berkurang.

Pengurangan lemak pada bagian pipi juga menjadi salah satu faktor munculnya kantung mata. "Lemak di pipi akan berkurang seiring usia," ungkap Dr Joshua Zaichner, seperti dikutip dari Kompas Health. Dengan seiring bertambahnya usia, perbedaan antara lemak di bawah mata dan pipi akan semakin mudah terlihat. 

4. Faktor keturunan

Ada beberapa orang yang mungkin sangat kesulitan untuk menghilangkan kantung mata. Hal ini bisa terjadi karena adanya faktor keturunan. Faktor keturunan ini pula yang bisa menentukan apakah seseorang memiliki kantung mata atau tidak, ungkap ahli dermatologi  Dr. Bruce Katz.

Ilustrasi : This That Beauty

Baca Juga
5 Cara Mudah Atasi Gelisah
Pengen Lebih Sehat? Ikuti Kebiasaan Sehat Ini di Pagi Hari
Mood Anjlok? Coba Cara-cara Ini Untuk Tingkatkan Kadar Serotonin Dalam Otak.

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close