Senin, 17 Desember 2018

10 Cara Cepat yang Dijamin Ampuh Hilangkan Cegukan

  • Rosiana
  • 10/04/2018 13:22 WIB
10 Cara Cepat yang Dijamin Ampuh Hilangkan Cegukan
EPIZONE.ID - Sering cegukan dan pengen cepet-cepet ngilangin? Cegukan emang nggak banget deh, apalagi kalau kita lagi ada di tempat ramai atau suasana formal yang membutuhkan konsentrasi. Selain bikin malu, cegukan di tempat umum juga bisa menghilangkan konsentrasi yang sudah dibangun selama mengikuti kegiatan. 

Sedikit info, cegukan terjadi karena ada kontraksi involunter (tidak sadar) pada diafaragma. Setiap kontrakasi tidak sadar yang terjadi, diiringi dengan penutupan pita suara secara mendadak. Hal inilah yang mengakibatkan suara cegukan yang sering dialami.

Nah buat kamu yang nggak pengen kehilangan konsentrasi atau nggak pengen malu saat cegukan, coba deh hilangkan dengan 10 cara seperti dilansir dari laman Brightside, berikut ini

1. Menghirup dan menghembuskan napas

cara cepat hilangkan cegukan, hirup dan hembuskan napas

Nggak sembarang menghirup dan menghembuskan loh ya. Untuk menghiloangkan cegukan, kamu harus menghirup napas sebanyak yang kamu bisa secara cepat. Kemudian hembuskan dengan sangat perlahan. Ulangi cara ini beberapa kali hingga cegukan menghilang.

2. Gunakan pensil

cara cepat hilangkan cegukan, gunakan pensil sebagai penghalang ketika hendak minum

Pensil bisa menjadi alat ampuh hilangkan cegukan. Letakkan pensil secara horisontal pada bagian atas gelas yang terisi oleh air. Kemudian minum air secara perlahan melalui celah antara mulut gelas dan pensil. Namun ingat, jangan sampai pensil yang digunakan melorot atau jatuh ya. Cara ini mungkin emang sedikit lebih sulit, namun bisa digunakan jika cegukan tidak langsung hilang. 

3. Menjulurkan lidah

cara cepat hilangkan cegukan, dengan menjulurkan lidah, selengkapnya di epizone.id

Cara ini mungkin agak sedikit aneh. Namun percayalah menjulurkan lidah bis amembantu mengurangi cegukan. Ini karena lidah yang terjulur, mampu membuka pita suara dan memendekkan spasme yang menyebabkancegukan.

4. Makan makanan manis

cara cepat hilangkan cegukan, dengan menelan makanan manis

Satu sendok penuh makanan manis seperti gula atau selai kacang mampu menyembuhkan cegukan. Dengan menggigit dan menelan, maka gerakan pada lidah pun mampu membuat perubahan pada gerakan pernapasan di dalam perut sehingga cegukan pun bisa dihilangkan. 

Baca Juga : Mood Anjlok? Coba Cara-cara Ini Untuk Tingkatkan Kadar Serotonin Dalam Otak.

5. Dengan gerakan akupuntur

cara cepat menghilangkan cegukan, dengan akupuntur

Akupuntur bukan cuma buat ngilangin penyakit aja loh. Cara tradisional ini ternyata juga bisa digunakan buat nyembuhin cegukan. Teknik ini digunakan untuk menstimulasi atau memperbaiki saraf penyebab cegukan. Beberapa orang bahkan mengaku bisa sembuh dari cegukan yang sudah berlangsung lama dengan cara ini.

6. Coba konsumsi madu dan lemon

cara cepat atasi cegukan, dengan mengonsumsilemon dan madu

Mengunyah lemon atau mengkonsumsi madu dengan air hangat nyatanya mampu menstimulasi saraf vagus untuk mengurangi frekuensi cegukan. Beberapa peneliti bahkan meyakini jika gangguan pada saraf vaguslah yang menjadi penyebab cegukan. Oleh karena itu, jika kamu punya lemon atau madu di rumah, maka dua bahan ini bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan.

7. Bernapas dengan paper bag

cara cepat hilangkan cegukan, dengan bernapas menggunakan paper bag

Cara ini mungkin dianggap konyol oleh beberapa orang, namun metode dengan paper bag ini meningkatkan tekanan parsial pada karbondioksida dalam darah, sehingga membuat diafragma berusaha lebih keras untuk mendapatkan oksigen. Namun hentikan cara ini jika kamu merasa pusing agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

8. Minum air putih

cara cepat hilangkan cegukan, minum air putih dengan sedotan

Cara ini sudah lama diketahui dan jadi favorit banyak orang untuk menyembuhkan cegukan. Meminum air putihterutama dengan sedotan mampu mengendurkan saraf yang tegang akibat cegukan. Selain jadi favorit, metode ini juga dirasa sebagai cara tercepat menghentikan cegukan setelah menghabiskan beberapa tegukan. So bisa dicoba nih...

Baca Juga : 6 Obat Alami yang Ampuh Atasi Penyakit Asma

9. Tutup kedua telinga

cara cepat hilangkan cegukan, menutup cuping telinga

Tutup kedua telinga dengan jari selama kurang lebih 20-30 detik. Namun ingat, bagian yang harus ditekan adalah area cuping telinga. Jangan sekali-kali mencoba untuk memasukkan jari ke dalam lubang telinga karena bisa mengakibatkan infeksi. Cara ini mampu mengendurkan saraf vagus yang terhubung ke diafragma.

10. Cobalah untuk minum dan menutup kedua telinga secara bersamaan

cara cepat menghilangkan cegukan, menutup tellingan danminum air dengan sedotan secara bersama-sama

Kombinasi kedua metode diatas dirasa mampu untukmenghentikan cegukan, jika cegukan yang dihadapi susah hilang. Tutup kedua telinga dan minum air dengan sedotan secara bersamaan. Ketika kamu mencoba menutup kedua belah telinga, kamu sebenarnya sedang menekan saraf vagus yang menjadi penyebab cegukan.

Baca Juga
4 Tips Jitu Atasi Kantuk yang Mengganggu Saat di Kelas
5 Cara Mudah Atasi Gelisah
Terlalu Banyak Duduk Saat Belajar? Ini Akibat Dan Cara Menghindarinya

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close