Sabtu, 18 Agustus 2018

10 Brand Terkenal Ini Ternyata Asli Indonesia Loh

  • Rosiana
  • 13/04/2018 10:50 WIB
10 Brand Terkenal Ini Ternyata Asli Indonesia Loh
EPIZONE.ID - Sebuah merk memegang peranan penting dalam strategi pemasaran. Sejumlah perusahaan biasanya memberikan label atau merk tertentu untuk produknya dengan berbagai nama dagang yang memikat. Tak jarang merek-merek ini memiliki nama yang kebarat-baratan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari kompetitornya.

Hal ini pula yang membuat banyak orang sempat terkecoh. Dengan nama dan tagline yang kebarat-baratan, tak jarang orang Indonesia sendiri malah sering mengira 12 brand di bawah ini sebagai merek dagang dari luar negeri:

1. J.CO

brand terkenal Indonesia, J.CO

Sering membeli donat disini ini? Yap di awal-awal pendiriannya, banyak masyarakat yang masih tertipu dengan nama J.CO. Mereka mengira bahwa merek kuliner ini merupakan brand luar negeri seperti Starbuck atau Donkin' Donuts. Keuinikan dan cara pemasarannya yang mirip dengan brand luar tentunya membuat banyak masyarakat salah mengira. 

J.Co merupakan restoran waralaba yang menyajikan berbagai makanan ringan dan kopi. Didirikann oleh Johny Andrean yang juga merupakan salah satu pengusaha franchise di Indonesia. 

2. CFC

brand terkenal Indonesia, CFC

Banyak yang sering salah mengartikan gerai ini dengan kompetitornya, KFC. CFC atau California Fried Chicken merupakan restoran cepat saji yang sering diasosiasikan dengan brand dari luar negeri. Meski mencatut nama California sebagai merek dagangnya, nyatanya brand ini merupakan produk asli Indonesia loh. 

CFC merupakan brand yang dimiliki pleh PT Pioneerindo Gourmet, Tbk. Perusahaan ini tidak ada kaitannya dengan perusahaan asing manapun. 

3. Zyrex

brand terkenal Indonesia, Zyrex

Strategi untuk menarik minat masyarakat dengan menggunakan nama asing pun juga digunakan oleh pabrikan komputer dan lapotop, Zyrex. meski dari nama terdengar sangat modern dan kebarat-baratan, namun produk ini ternyata asli buatan Indonesia. 

Meski sebagian komponennya diimpor dari Tiongkok, namun komputer dan laptop yang dibuat diproduksi dan dirakit di Indonesia. Brand ini pun belakangan tengah mencoba memperluas produknya ke smartphone, portable PC, dan software yang dipakai di mesin kasir. 

4. Silver Queen

brand terkenal Indonesia, Silver  Queen

Siapa yang ketipu????? Dari iklan dan namanya saja pasti banyak yang ngira bahwa brand ini berasal dari luar negeri. Namun ternyata, pihak produsen coklat ini sendiri yang terlalu pintar memanfaatkan rasa percaya masyarakat Indonesia pada brand luar, sehingga coklat ini mampu bersaing dan bahkan jadi merek coklat paling diminati di Indonesia.

Silver Queen berada di  bawah naungan PT. Petra Food yang bekerjasama dengan perusahaan internasional P&G pertama kali memproduksi Silver Queen pada tahun 1950 di pabriknya di Garut, Jawa Barat.

5. HOKBEN

brand terkenal Indonesia, HOKBEN

Meski namanya mengandung unsur Jepang, namun brand ini berada di bawah naungan PT. Eka Bogainti. Pemilik perusahaan ini, Hendra Arifin merintis restoran Hoka-Hoka Bento di Jakarta 32 tahun silam. Meski tak menyajikan masakan asli Jeoang, namun resto ini tetap menyediakan menu populer seperti ebi furai, tori baaga, shrimp roll, sukiyaki, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga : Ini Dia Merk Terkenal yang Namanya Melekat Kuat di Masyarakat

6. BYON

brand terkenal Indonesia, BYON

Tak hanya Zyrex, Indonesia ternyata juga punya merek laptop sendiri yang dinamai Byon. Terjun di industri notebook pada tahun 2006, segmen pasar Byon menargetkan kalangan menengah ke bawah karena harga jualnya yang cenderung murah.

7. NEXIAN

brand terkenal Indonesia, NEXIAN

Hayoo siapa dulu yang suka ngeremehin Nexian??? Merek yang lebih dikenal dengan sebutan "hape cina" ini ternyata produk asli Indonesia loh. Meski sempat dipandang sebelah mata karena kualitasnya yang terbilang biasa-biasa saja, namun merek ini kini mulai berbenah dengan meluncurkan smartphone berbasis Android yang bernama Nexian Journey One.

8. The Executive

brand terkenal Indonesia, The Executive

Nggak nyangka ya, brand pakaian yang terkenal dengan produk busana kantornya ini ternyata merek asli Indonesia. Di awal kemunculannya brand ini memang sudah menargetkan para pekerja kantoran yang mengutamakan penampilan rapi dan berkelas.

The Executive saat ini berada di bawah naungan PT. Delami Garment Industries yang terus berinovasi mengeluarkan produk fashion terbaru. Tak hanya baju kantoran, The Executive kini juga menelurkan berbagai produk fashion lain seperti tas, dompet, dan beragam aksesori.

9. Polygon

brand terkenal Indonesia, polygon

Pecinta sepeda pasti familiar dengan merek ini. Polydon merupakan produsen sepeda yang telah melanglang buana sejak tahun 1989. Namun siapa sangka jika pabrik sepeda ini berada di Sidoarjo, Jawa Timur?

Pabrikan ini pun juga terus berinovasi menciptakan sepeda yang telah diekspor ke 50 negara. Bahkan eksisitensi brand ini juga telah diakui saat menggelar pameran Eurobike di Friedrichshafen, Jerman.

10. Tomkins

brand terkenal Indonesia, tomkins

Produsen sepatu keren ini ternyata berada di Bandung, tepatnya di daerah Gedebage. Pabrikan sepatu ini juga selalu menyediakan kualitas yang boleh diadu dengan merek-merek terkenal dari luar. Dengan model kekinian, Tomkins biasanya menjadi salah satu incaran kaum muda. 


Hebat kan merek-merek tadi? Meski namanya kebarat-baratan, nggak menjamin produk tersbeut berasal dari luar juga kan? 

Baca Juga
Ini Nih 7 Brand yang Sekarang 'Menguasai' Dunia
6 Brand Terkenal Ini Pasti Nggak Kamu Kenali Saat di Luar Negeri, Namanya Berubah Drastis
Makna Tersembunyi di Balik 7 Logo Brand Populer Dunia, Kamu Pasti Nggak Akan Nyangka

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close