Rabu, 17 Oktober 2018

Sekarang Kamu Bisa Berkirim Email Rahasia Lewat Gmail

  • Rosiana
  • 16/04/2018 14:45 WIB
Sekarang Kamu Bisa Berkirim Email Rahasia Lewat Gmail
EPIZONE.ID - Kini kamu yang sering lupa me-log out akun Gmail dari PC, bisa bergembira. Pasalnya layanan email dari Google ini akan menerapkan pesan rahasia yang bisa langsung hilang dengan sendirinya. Pengguna bisa mengatur kapan email yang dikirmkan tersebut hilang, apakah satu minggu, satu bulan, atau hingga beberapa tahun ke depan.

Fitur terbaru Gmail ini memang diluncurkan bersamaan dengan perubahan tampilan antar mukanya. Dilansir dari laman CNN Indonesia, selain menentukan kapan email bisa kadaluarsa, pengguna juga bisa menambahkan password pada email yang bersifat sangat rahasia. Nah jikakamu mendapat email seperti ini, praktis dirimu harus memasukkan kode rahasia lewat pesan singkat atau SMS untuk bisa membuka isinya.

Namun Google tidak menyebutkan apakah pesan yang dilengkapi dengan kode tersebut bis adibuka oleh akun yang tidak menggunakan Google. Sehingga masih belum jelas apakah fitur ini hanya khusus untuk pengguna Google saja atau tidak.

Lebih jauh Google sendiri juga tidak menjelaskan apakah pesan dengan kode ini dienkripsi atau tidak. Sebab, jika pesan dengan kode kunci (enkripsi) maka pesan tersebut akan diacak sehingga akan menyulitkan orang-orang yang ingin meretas email seseorang. 

Tampilan baru Gmail

Fitur lain

Selain pesan yang bisa langsung menghilang, Google juga meluncurkan fitur baru yaitu Snooze. Fitur ini bisa menyingkirkan email tertentu yang dianggap mengganggu sesuai keinginan. Jadi nantinya kamu bisa terbebas dari email-email nggak penting yang sering memenuhi inbox emailmu.

Nah selainitu, Google ternyata juga sudah menyiapkan fitur yang nggak kalah keren loh, yakni penghancur email. Jadi fitur ini nantinya bisa membuat email hancur dengansendirinya, mirip dengan pesan yang diterima Ethan Hawke di film Mission Impossible. 

Dari segi tampilan, Gmail juga mengalami perubahan dengan menambahkan menu samping dari jendela utama. Menu samping ini menampilkan kalender Google hingga catatn. Nah katanya nih, fitur kalender dan catatan ini digadang-gadang bakal memudahkan penjadwalan rapat atau mellihat rutinitas harian sebelum membalas email.

Sebelumnya, Google terakhir kali mengubah tampilan secara menyeluruh pada tahun 2014. Desain terbaru Google ini rencananya diluncurkan khusus untuk pengguna G Suite, layanan komputasi aplikasi Google dan Gmail dalam beberapa minggu ke depan. 

Tampilan baru Gmail

Ilustrasi : The Verge

Baca Juga
Ini Dia 7 Mesin Pencari Populer Sebelum Kemunculan Google
Setelah Youtube Go, Google Perkenalkan Layanan Gmail yang Lebih Ramah Memori
Kini Kamu Bisa Mengetahui Delay Penerbangan Lewat Fitur Terbaru di Google Flights

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close