Sabtu, 26 Mei 2018

Belajar Ngoding Kini Bisa Pakai Game

  • Rosiana
  • 23/04/2018 16:15 WIB
Belajar Ngoding Kini Bisa Pakai Game
EPIZONE.ID - Pengen belajar ngoding? Tenang kini kamu bisa pakai game yang dibuat khusus buat programmer pemula. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini dibuat oleh in-house incubator atau tempat pelatihan pemrograman milik Google, bernama Area 120. Game ini dibuat khusus untuk programmer pemula yang ingin mempelajari teknik coding.

Dalam game yang bertajuk Grasshoper ini, pengguna akan belajar bahasa pemrograman JavaScript. Salah satu engineer yang ikut dalam proyek ini mengatakan bahwa Grasshoper bertujuan untuk mempermudah para programmer pemula. Selain itu Grasshoper juga dibuat karena kebutuhan untuk programmer meningkat saat ini.

Buat kamu yang tertarik, bisa kok langsung unduh di Play Store dan App Store. Setelah selesai proses install, kamu akan disuguhi pengantar tetang coding sederhana danbahasa pemrograman yang dipakai. Setelah itu, kamu akan disuguhi sebuah kuis dengan beberapa pilihan pertanyaan. Semakin lama kamu memainkannya, maka tingkat kesulitan kuis pun akan semakin tinggi.

aplikasi ngoding dengan game

Baca Juga : Kesal Pesannya Tak Dibalas, Seorang Ayah Buat Aplikasi 'ReplyASAP'

Setelah menyelesaikan kuis, tahap selanjutnya adalah pelajaran tentang fungsi, membuat variabel, mengontrol alur kode, dan lain sebagainya. Perlu diingat jika pembelajaran di game ini menggunakan bahasa pemrograman JavaScript yang digunakan pada hampir 70 persen pengembang profesional saat ini. Pada tahap ini, kamu akan disuguhi beragam jenis puzzle.

Puzzle pertama adalah menggambar bendera Perancis yang berbentuk vertikal menggunakan kode. Lalu tahap selanjutnya kamu akan diberikan tugas untuk menggambar bendera Gabon yang berbentuk horisontal, tentunya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Nah setelah permainan kuis dan puzzle selesai dijalani, kamu bisa melihat berapa tahapan yang berhasil dilewati termasuk berapa kunci yang berhasil dipecahkan. 

Kerennya lagi ini, aplikasi ini juga menawarkan penjadwalan pelatihan. Kamu bisa berlatihs etiap hari atau hanya beberapa hari dalam seminggu saja. Tertarik belajar?

Baca Juga
Tengok Aplikasi Video Buatan Facebook Ini, Akankah Jadi Saingan YouTube?
Aplikasi Penting yang Diperlukan Saat Terjadi Bencana
Yuk Kenalan Sama I-Chat, Aplikasi Khusus Para Tuna Wicara

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close