Sabtu, 18 Agustus 2018

Resmi, Swaziland Ubah Nama Negara Jadi eSwatini

  • Rosiana
  • 23/04/2018 15:28 WIB
Resmi, Swaziland Ubah Nama Negara Jadi eSwatini
EPIZONE.ID - Pergantian nama negara emang jarang banget terjadi di era milenial ini. Namun tahukah kamu jika salah satu negara di Afrika baru saja mengganti namanya secara resmi? Kenalkan Swaziland, salah satu negara yang terletak di anatra Afrika Selatan di sebelah barat, dan Mozambik di sebelah timur.

Kerajaan yang masih menganut bentuk Kerajaan atau monarki ini, saat ini dipimpin oleh Raja Mswati III. Negara yang awalnya bernama Swaziland ini kini kembali menggunakan nama aslinya yaitu eSwatini atau yang berarti "tanah orang Swazis". Perubahan nama ini ternyata didasari alasan yang kuat dimana banyak orang luar negeri yang selalu salah mengira bahwa Swaziland sama dengan negara Swiizerland. Untuk itulah Raja Mswati III kemudian mengganti nama negara secara resmi. Pengumuman ini disampaikan pada peringatan kemerdekaan negara itu yang jatuh bersamaan dengan peringatan ulang tahun raja yang ke 50 tahun.

"Saya ingin mengumumkan bahwa mulai hari ini dan seterusnya, negara kita akan dikenal sebagai Kerajaan eSwatini," ucap Raja Mswati di stadion Manzini, seperti dikutip CNN Indonesia dari Reuters

Baca Juga : Tak Hanya Mesir Kuno, Afrika Ternyata Juga Punya 7 Kerajaan Besar Lain

Sebelumnya Raja Mswati juga pernah menyebut nama eSwatini dalam pidatonya di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan Konferensi Tingkat Tinggi Afrika pada tahun 2017 lalu. Perubahan ini membuat nama Swaziland hilang dari dalam peta. Negara itu juga telah kembali menggunakan nama aslinya sebelum dijajah Inggris selama 62 tahun.

Selain itu, nama Swaziland juga sering membingungkan, karena banyak sekali warganya yang sering dikira berasal dari Switzerland karena kemiripan nama ini. Alasan lain yang mendasari penggantian nama ini adalah karena banyak negara Afrika lain yang menggunakan nama asli negaranya sebelum dijajah. 

Kerajaan eSwatini merupakan kerajaan dengan bentuk negara monarki yang tersisa di benua Afrika. Rajanya, yang juga dikenal dengan nama Ngwenyama atau "singa". Sang raja juga terkenal karena memiliki banyak istri dan gemar mengenakan pakaian tradisional. 

Swaziland ubah nama negara menjadi Kerajaan eSwatini

Baca Juga
Wadaw! Ternyata Gini Kegiatan Sehari-hari Keluarga Kerajaan Inggris yang Bakal Bikin Kamu Garuk-garuk Kepala.
Meski Berdaulat, 10 Negara Ini Tak Memiliki Kekuatan Militer
Intip 7 Makanan Khas Dari Korea Utara, Negara Paling Tertutup Di Dunia

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close