Sabtu, 18 Agustus 2018

9 Fakta Mengejutkan Tentang Anak Kembar yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

  • Rosiana
  • 30/04/2018 13:30 WIB
9 Fakta Mengejutkan Tentang Anak Kembar yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
EPIZONE.ID - Siapa yang penasaran sama anak kembar? Berikut fakta-fakta menarik yang bisa kamu baca, seperti dilansir dari Wittyfeed:

1. Anak kembar punya ikatan khusus sejak masih di dalam perut

Ternyata anak kembar sudah punya ikatan spesial sejak dari dalam kandungan loh. Menurut penelitian dari University of Padova, Italia, sebagian besar anak kembar bahkan sudah menjangkau satu sama lain sejak usia kehamilan berjalan 14 minggu. 

2. Meski identik, anak kembar tetap memiliki sidik jari yang berbeda

Meski kembar dan bahkan identik, faktanya mereka tetap memiliki sidik jari yang berbeda, meski memiliki DNA yang sama. Sidik jari merupakan salah satu alat yang bisa dijadikan identifikasi. 

Perbedaan pola sidik jari ini dikarenakan adanya pengaruh tekanan acak yang dialami bayi selama di dalam kandungan. Tekanan inilah yang akhirnya membentuk detail yang berbeda pada sidik jari. 

Fakta anak kembar

3. Ibu bayi kembar memiliki usia yang lebih panjang

Wanita yang melahirkan anak kembar memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan ibu lainnya. Rupanya hal ini dipengaruhi oleh kondisi rahim yang lebih kuat dalam menahan dan mengandung dua orang bayi. 

Baca Juga : 17 Pekerjaan Aneh yang Pasti Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya, Tertarik Mencoba?

4. Anak kembar bisa memiliki ayah yang berbeda

Ha? Emang bisa??? Fakta ini mungkin mengejutkan, karena di sekeliing kita kebanyakan bayi kembar memiliki orang tua yang sama. Namun menurut Dr. Hilda Hutcherson, Profesor Klinis Obstetri dan Ginekologi dari Columbia University mengatakan bahwa anak kembar bisa memiliki yah yang berbeda. 

Hal ini bisa terjadi ketika seorang perempuan melepaskan dua sel telur selama ovulasi dan dibuahi oleh dua orang pria dalam waktu yang bersamaan. Proses ini dikenal dengan nama heteropaternal superfecundation. Hmmm meski bisa namun jangan dicoba ya...

fakta anak kembar

5. Perempuan tinggi punya kemungkinan lebih besar untuk memiliki anak kembar

Menurut studi yang dipaparkan oleh Dr. Gary Steinman, wanita yang lebih tinggi memiliki banyak faktor pertumbuhan seperti insulin atau IGF. IGF (Insulin Growth-Factor) ini merupakan protein yang dilepaskan oleh hati sebagai salah satu hormon yang mempengaruhi pertumbuhan tubuh. Hormon ini mempengaruhi kepekaan indung telur menjadi hormon perangsang folikel sehingga meningkatkan ovulasi. 

Melansir dari Livescience, IGF juga menstimulasi sel-sel di batang tulang panjang untuk tumbuh. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa orang yang lebih pendek memiliki tingkat IGF yang lebih rendah. Penelitian lain menunjukkan bahwa IGF mungkin membantu embrio bertahan hidup pada tahap awal perkembangan. 

Menurut penelitian Steinman pula bahwa negara-negara dengan wanita yang lebih tinggi memiliki tingkat kelahiran anak kembar yang lebih tinggi.

Baca Juga : Meski Berdaulat, 10 Negara Ini Tak Memiliki Kekuatan Militer

6. Anak kembar juga punya banyak tipe loh

Mungkin kamu akan terkejut ketika mengetahui bahwa anak kembar ternyata juga punya berbagai tipe. Seperti tipe kembar yang separo identik. Tipe ini lahir dengan sel telur yang terbagi yang setiap bagiannya dibuahi. 

Tipe lainnya mirror image twins. Seperti namanya, tipe ini merupakan kembar identik yang tumbuh berkembang secara asimetris. Ini berarti setiap anak memiliki perbedaan yang berseberangan, antara lain memiliki tanda lahir yng berseberangan, salah satunya kidal, dll. Hmmm menakjubkan bukan?

7. Anak kembar memiliki bahasanya sendiri

Menurut jurnal yang dipublikasikan di Institute of General Linguistics, sebanyak 40% anak kemabr menemukan dan membuat bahasa mereka sendiri. Kondisi ini biasa disebut dengan Cryptophasia, atau bahasa khusus yang dikembangkan oleh anak kembar dan hanya mereka sendiri yang mengerti. 

fakta anak kembar, anak kembar memiliki bahasa rahasia yang hanya mereka sendiri yng tahu

8. Meski sangat mirip, kembar identik tak benar-benar mirip 100%

Meski terbentuk dari satu sel telur dan sangat sulit menemukan perbedaan mereka, namun kemabr identik juga tak benar-benar 100% mirip. berdasarkan artikel yang dilansir dari Livescience, seringkali anak kembar identik tumbuh berbeda karena beberapa faktor seperti lingkungan, paparan bahan kimia, kebiasaan diet. Kondisi ini disebut sebagai epigenetic effects.

9. Desa anak kembar di India

Tahukah kamu bahwa ada sebuah desa di India yang memiliki kelompok anak kembar terbanyak di dunia? Desa ini bernama Kerala yang terletak di distrik Malappuram yang masih menyisakan misteri bagi para ilmuwan. Kerala memiliki populasi anak kembar terbesar di dunia, yakni 400 pasang anak kembar dari 2.000 keluarga.

Baca Juga
Bisakah Sidik Jari Orang yang Telah Meninggal Digunakan Untuk Membuka Kunci Smartphone?
Ajaib Banget! Orang Ini Wajahnya Mirip Banget Sama Seleb, Kayak Kembar
Kebun Raya Tertua di Dunia, Sudah Tahu?

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close