Sabtu, 21 Juli 2018

Gunung Terkecil di Dunia Ini Ada di Tiongkok, Tingginya Hanya 0,6 Meter

  • Rosiana
  • 07/05/2018 15:15 WIB
Gunung Terkecil di Dunia Ini Ada di Tiongkok, Tingginya Hanya 0,6 Meter
EPIZONE.ID - Berencana mendaki gunung hanya dalam satu kali langkah kaki? Mungkin kamu perlu mengunjungi gunung Jingshan. Gunung yang disebut-sebut sebagai gunung terkecil di dunia ini hanya memiliki tinggi 0,6 meter dari atas permukaan tanah. Melansir Oddity Central, gunung yang terletak di daerah Shouguang, provinsi Shandong ini viral di sosial media dan mengundang berbagai komentar. 

Dengan tinggi yang tak sampai satu meter, mungkin gunung ini lebih pas jika disebut sebagai batu alih-alih sebuah gunung. Namun ternyata bagian bawah gunung ini terpendam di dasar tanah. Menurut Zheng Binhai, kurator dari museum Shoguang Bo pemerintah dibawah kepemimpinan Mao Zedong pernah memerintahkan seseorang untuk menggali dasar gunung ini untuk membuktikan bahwa gunung ini hanyalah sebuah batu. Namun alih-alih menemukan bagian bawah batu, tim penggali menyerah karena tak kunjung menemukan ujungnya.

Jingshan, Gunung terkecil di dunia
Baca Juga : Layaknya Penjara, Hotel Ini Tawarkan Sensasi Menginap Ala Tahanan

Kemudian pada tahun 1958, penggalian kembali diteruskan. Hasilnya pun tetap nihil. Sejak saat itu, bongkahan batu ini diakui sebagai gunung terkecil di dunia. Mengutip laporan dari China.org, gunung ini memiiki tinggi 48 meter namun hampir seluruh bagiannya berada di bawah tanah. Hingga kini belum ada laporan resmi yang menginformasikan seberapa besar gunung ini. Bagian yang terekspos hanya memiliki tinggi 0,6 meter, dengan panjang 1,24 meter, dan lebar 0,7 meter. Singkatnya, kamu bisa mendaki gunung ini hanya dalam satu kali langkahan kaki.

Saat ini gunung Jingshan merupakan salah satu daya tarik wisatawan dan menjadi tempat wisata populer di daerah tersebut. Pemerintah Shouguang bahkan membuat peraturan melarang siapapun untuk menggali dan membangun bangunan di sekeliling area gunung Jingshan, untuk melindungi area gunung dari kerusakan.

Jingshan, Gunung terkecil di dunia

Jingshan, Gunung terkecil di dunia



Baca Juga
Berenang Bersama di Kolam Penuh Buaya, Tertarik Mencoba?
Gimana Ya Rasanya Hidup di Gua Bawah Tanah???
Kisah Monowi, Kota Terkecil dan Hanya Dihuni Oleh Satu Orang

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close